Cetak elemen dekorasi GRC terbaik (kolom, kubah dll)

Seberapa besar peran GRC dalam dunia arsitektur? Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa arsitektur dekorasi dari GRC dapat digunakan pada bangunan seperti rumah, masjid, gereja, dan bangunan lainnya.

Namun, apa kalian tahu apa itu GRC dan apakah bisa digunakan sebagai arsitektur dekorasi bangunan? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan GRC?

Glassfibre Reinforced Concrete / Cement atau yang lebih sering disebut dengan GRC merupakan produk sejenis beton, banyak yang mengenal GRC dengan sebutan beton bertulang glass fibre. Material yang digunakan dalam pembuatan GRC terdiri dari semen, pasir halus, serat fibre, air, dan polimer akrilik.

Perkembangan GRC pertama kali dimulai pada tahun 1960-an. Dibutuhkan beberapa decade material GRC mulai popular di kalangan masyarakat khususnya di kalangan penikmat arsitektur. Hingga sampailah pada saat ini, yang mana banyak sekali bangunan – bangunan yang menggunakan produk GRC sebagai bagian dari arsitektur dekoratif interior maupun eksterior.

 

Ada berapa jenis produk yang dapat dibuat dari material GRC?

Material yang menggunakan GRC sebagai bahan pelengkap untuk menunjang arsitektur bangunan memiliki bermacam jenis dan juga ada pula yang bermotif. Seperti yang kini sedang popular yaitu :

  • Kubah GRC
  • Ornamen GRC
  • Krawangan GRC
  • Kolom GRC
  • Lisplang GRC
  • dan masih banyak lagi arsitektur dekoratif yang terbuat dari material GRC

Baca juga : Jenis – Jenis Lisplang Bangunan.

GRC dapat difungsikan untuk apa saja?

Karena bentuknya yang dapat disesuaikan dengan struktur bangunan, GRC sering dijadikan sebagai aksesoris pelengkap pada bangunan. Penggunaan produk GRC pada bangunan dapat memberikan kesan tampilan elegan, modern dan klasik sesuai dengan gaya yang digunakan pada bangunan tersebut. Karena inilah produk dari  material GRC banyak dicari, terutama oleh penikmat arsitektur. Serta, karena bahannya yang mudah diaplikasikan GRC sering digunakan untuk melengkapi arsitektur dekorasi interior maupun eksterior.

Contoh pada dekoratif interior : Penyekat dinding, Plafon, Partisi dll. Kemudian contoh pada dekoratif eksterior : Lisplang, Pagar, Kubah, krawangan (sunscreen) dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp