Ide Kubah Masjid GRC – Motif & Bentuk Kubah GRC

Pengertian Kubah

Kubah merupakan salah satu arsitektur dekoratif yang terdapat pada sebuah masjid. Kubah biasanya terletak tepat di bagina atas bangunan masjid yang berbentuk bola atau setengah lingkaran. Ada juga Kubah dengan beberapa ornament dan memiliki corak serta warna untuk memperindah tampilannya. Kubah juga berfungsi sebagai penanda arah kiblat dari bagian luar masjid dan sebagai penerang bagian interior masjid.

Selain bentuk setengah lingkaran, sering juga disebut dengan “Kubah piring”. Ini juga memiliki bentuk lainnya seperti Kubah bawang yang memiliki bentuk menyerupai bawang dan kubah berundak atau bersusun.

Sejarah Kubah pada bangunan Masjid

Di beberapa Negara yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam, dan mempunyai sejarah perkembangan tradisi seni dan arsitektur bangunan Islam. penggunaan Kubah di bangunan masjid maupun lainnya cukup mendalam dan telah berakar sampai sekarang. Negara tersebut diantaranya seperti Kairo, Istanbul, Damaskus dan beberapa Negara lainnya. Penggunaan bangunan Kubah sebenarnya tak hanya berkaitan dengan masjid saja, karena selain pada masjid, Kubah juga digunakan pada bangunan lainnya.

Dikarenakan perkembangan Kubah sudah ada sejak dulu, kubah dapat ditemukan dengan mudah pada bangunan sejarah.  Serta dapat ditemukan juga pada bangunan masjid seperti pada Istana kerajaan, Maktab, Wikalah, Khanqah, Madrasah dan rumah sakit.

Baca juga : Jenis – Jenis Lisplang Bangunan.

Pada dasarnya Kubah bukan salah satu bangunan yang berasal dari budaya Islam, namun sebenarnya berasal dari bangsa Romawi. Bangsa Romawi menggunakan kubah pada bangunan kuil agung mereka. Kubah diperkirakan sudah ada sejak tahun 100 masehi hingga akhirnya perkembangan kubah mulai meluas dan sampailah ke Negara – Negara Islam.

Contoh bangunan yang menggunakan Kubah selain masjid pada saat itu berasal dari daerah timur, tepatnya di daerah – daerah Eropa. Misalnya saja, bangunan – bangunan seperti gereja atau katedral. Seperti bangunan Pantheon di Roma, Berliner Dome di Berlin, St. Peter di Vatikan, Katedral Florensia dan beberapa bangunan lainnya.

Perkembangan Kubah

Bentuk Kubah di seluruh daerah maupun Negara pada dasarnya tidak mempunyai perbedaan yang signifikan, Namun, hanya dengan melihat corak, warna serta motif yang digunakan pada Kubah, kita dapat dengan mudah mengetahui asal dari kubah tersebut. Hal ini terjadi karena, semakin luasnya perkembangan kubah di seluruh daerah yang menyebabkan adanya sedikit perubahan pada bentuk kubah. Meskipun bentuknya tidak jauh berbeda, kubah di setiap daerah mengandung ciri tersendiri karena sudah  tercampur dengan pengaruh budaya di setiap daerahnya masing – masing.

Di daerah Indonesia sendiri, awal mula munculnya Kubah sekitar abad ke 18 dan sampai di daerah jawa sekitar abad ke 20 Masehi. Meski perkembangan Kubah di sekitar daerah jawa pada saat itu belum seperti sekarang, bentuk Kubah yang digunakan pada bangunan masjid saat itu cukup sederhana hanya berundak – undak seperti bangunan kuil Hindhu karena masih terpengaruh dengan budaya yang ada pada saat itu. Hingga perkembangan Kubah sampai ke bentuk bulat atau setengah lingkaran seperti sekarang ini.

Kubah GRC

Dengan seiringnya perkembangan zaman dan perkembangan teknologi yang semakin canggih, inovasi baru dalam bidang dekorasi pun terus bermunculan. Salah satu produk yang kini sedang pupuler di kalangan masyarakat khususnya bagi penikmat arsitektur dekoratif yaitu produk dari GRC.

GRC atau Glassfibre Reinforced Concrete adalah salah satu produk bangunan untuk dekorasi yang menggunakan material sejenis beton yang diperkuat oleh serat. Material yang digunakan untuk membuat GRC pun hampir sama dengan beton, material yang digunakan dalam pembuatan GRC diantaranya seperti pasir halus, semen, air, serat fibre dan polimer akrilik.

Keunggulan Produk GRC

GRC sangat pupuler karena memiliki keunggulan yang lebih menarik daripada produk dekorasi bangunan lainnya. Selain bentuk produk dari GRC yang bermacam – macam keunggulan lain dari produk yang terbuat dari GRC ini adalah :

  • Tahan terhadap cuaca panas maupun hujan, sehingga tidak mudah berkarat dan lapuk
  • Tidak mudah terbakar sebab produk GRC tahan terhadap api
  • Produk GRC dapat bertahan dalam jangka waktu lama, sekitar 25 – 30 tahun
  • Proses pengaplikasian produk GRC sangat mudah sehingga tidak memakan banyak waktu
  • Perawatan untuk produk GRC sangat mudah sehingga menghemat biaya maintenance
  • Ramah untuk lingkungan

Demikianlah penjelasan mengenai produk GRC dekoratif untuk bangunan. Apabila anda berminat menggunakan produk GRC untuk mendekorasi bangunan anda kami siap membantu. Kami yang merupakan salah satu produsen cetak GRC yang siap melayani pemesanan produk GRC dengan bentuk dan motif custom sesuai dengan permintaan konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp