Produsen Lisplang GRC | Custom bentuk dan ukuran

Pengertian dan Fungsi Lisplang Bangunan

Lisplang merupakan salah satu bagian yang ada dalam sebuah bangunan. Lisplang adalah salah satu bagian dari bangunan yang digunakan pada bagian atas bangunan yang sering disebut dengan papan tepi. Penggunaan Lisplang pada bangunan difungsikan untuk menutupi bagian tepi atas bangunan dan untuk melindungi dari panas matahari maupun hujan. Penggunaan lisplang pada bangunan juga mampu menambah keindahan pada struktur bangunan itu sendiri.

Mungkin masih ada beberapa orang yang tidak begitu peduli dengan fungsi maupun keberadaan dari Lisplang pada sebuah bangunan. Fungsi dari Lisplang tak hanya itu saja, namun masih banyak fungsi yang dapat kita ambil dari Lisplang ini.

Fungsi Lisplang umumnya terbagi menjadi dua macam, yaitu dari segi konstruksi dan segi estetika. Berikut penjelasan fungsi Lisplang dari  masing – masing segi tersebut.

Fungsi Lisplang dari segi konstruksi

Dari segi konstruksi, fungsi Lisplang diantaranya yaitu digunakan untuk membentuk rigid. Rigid umumnya berasal dari susunan kaso sehingga tidak memungkinan terjadinya pergeseran dari struktur kaso, bagian ujung atap dari bangunan akan terlihat rapi dan terlindung dari panas sinar matahari serta hujan sehingga atap rumah terhindar dari kerusakan akibat terlalu sering terkena sinar matahari dan air hujan, sebagai pemisah antar ruang bagi rumah yang umumnya menggunakan bentuk atap segitiga.

Fungsi Lisplang dari segi estetika

Sedangkan dari segi estetika, fungsi Lisplang diantaranya yaitu memberikan tampilan rapi dan indah pada bagian atas bangunan. Gaya yang ditampilkan Lisplang pada bagunan bermacam – macam sesuai dengan bentuk yang digunakan. Seperti menggunakan gaya modern maupun tradisional dapat menampilkan kesan elegan dan minimalis. Lisplang juga termasuk kedalam aksesoris arsitektur rumah / bangunan.

Jenis – Jenis Lisplang Bangunan

Lisplang memiliki bermacam – macam jenisnya oleh karena itu, manfaat yang dapat kita ambil dari setiap jenis Lisplang berbeda – beda. Berikut macam – macam Lisplang serta manfaatnya pada bangunan.

Kayu

Jenis kayu ini termasuk ke dalam papan tepian tertua yang pernah digunakan di Indonesia. Lisplang kayu sering digunakan pada bangunan – bangunan tradisional dengan bentuk dan motif yang terinspirasi dari budaya – budaya disetiap daerahnya.

Baca huga : Macam – macam kubah masjid | kubah grc masjid.

Kelebihan dari Lisplang Kayu adalah bahannya dapat diukir dengan bentuk dan motif yang bervariasi, beratnya ringan dibanding Lisplang jenis lainnya. Adapun kelemahan Lisplang ini adalah harga yang cukup bervariasi sesuai jenis kayu yang digunakan. Karena bahannya terbuat dari kayu yang merupakan material dari alam Lisplang ini tidak tahan lama, dan tidak tahan cuaca.

Metal

Papan tepi (Lisplang) metal biasanya terbuat dari material seperti alumunium, galvanis dan alumezine. Karena harga metal terbilang murah, membuat Lisplang metal dijadikan alternative ketika material kayu mengalami kenaikan harga yang disebabkan oleh kelangkaanya.

Tak hanya harganya yang relatif murah bila dibandingkan dengan bahan Lisplang lainnya, kualitas dari Lisplang metal ini tak berkurang sekalipun. Untuk tampilannya sendiri Lisplang metal lebih cocok jika diaplikasikan pada bangunan modern karena lebih menonjolkan kesan minimalis serta karena bahannya yang ringan maka dalam proses pemasangan dan pengecatannya pun terbilang cukup mudan dan lebih praktis. Inilah kelebihan yang mampu kita dapatkan apabila menggunakan Lisplang metal pada bangunan anda.

Betom

Proses pembuatan Lisplang bermaterial beton sendiri biasanya menggunakan sebuah cetakan karena akan lebih terlihat rapi dan presisi. seperti Lisplang metal, Lisplang beton juga lebih cocok jika diaplikasikan pada bangunan modern serta cocok juga pada bangunan bertingkat atau rumah yang atapnya datar.

Untuk kelebihan dari Lisplang beton sendiri diantaranya yaitu tidak mudah lapuk, dan kuat jika terkena panas matahari maupun hujan dalam jangka panjang. Namun, Lisplang beton memiliki kekurangan diantaranya yaitu pilihan bentuknya yang tidak banyak, harganya lebih mahal dibandingkan dengan Lisplang jenis kayu.

GRC

Biasanya Lisplang GRC dipilih untuk diaplikasikan pada bangunan modern karena bentuknya yang sederhana dan minimalis namun, karena bentuk dari Lisplang GRC dapat diubah sesuai dengan selera konsumen, Lisplang GRC dapat dibentuk dengan motif kayu maupun motif lainnya. Bahan yang digunakan dalam pembuatan Lisplang GRC sendiri hampir sama seperti bahan untuk membuat beton.

Kelebihan dari Lisplang GRC yaitu bahannya yang cukup ringan bila dibandingkan dengan Lisplang dari material beton, kuat, mampu bertahan dalam cuaca panas maupun hujan dan harganya yang relatif murah tampa mengurangi kualitas dari Lisplang GRC itu sendiri.

Demikianlah penjelasan singkat dari Lisplang bangunan, jika anda tertarik untuk membuat Lisplang GRC ataupun arsitektur bangunan lainnya yang terbuat dari material GRC kami siap untuk membantu dan memenuhi kebutuhan anda. Kami akan berusaha memberikan layanan terbaik dengan kualitas yang terjamin.

Untuk informasi kami berikan link portofolio kami dan untuk pemesanan anda bisa hubungi kontak yang berada di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp