Jual pilar / cover kolom GRC harga murah

Jasa cetak kolom GRC

Bagi beberapa orang, mungkin sebelumnya masih asing dengan kolom yang terbuat dari material GRC. Namun dengan seiringnya perkembangan zaman, kini perkembangan GRC dari waktu ke waktu semakin dikenal oleh banyak orang salah satunya ialah kolom dari GRC. Sebelum menjelaskan apa itu kolom GRC, mari kita kenali terlebih dahulu tentang kolom bangunan.

Pengertian dan fungsi dari struktur Kolom

Berbicara tentang struktur bangunan, salah satu elemen penting dalam pembangunan adalah kolom. Kolom menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam konstruksi, karena penggunaan kolom pada bangunan akan membuat bangunan menjadi kokoh dan kuat. Maka dapat dikatakan bahwa tanpa adanya kolom pada bangunan akan membuat bangunan itu sendiri gampang roboh, karena kolom sendiri merupakan struktur bangunan yang digunakan untuk meneruskan beban aksial vertikal pada bangunan.

Kolom merupakan salah satu elemen struktur tekan yang memiliki peranan penting pada suatu bangunan, sehingga apabila terjadi keruntuhan pada kolom maka akan menyebabkan runtuhnya (collapse) pada struktur bangunan. adapun fungsi dari kolom pada bangunan yaitu sebagai penerus beban seluruh bangunan ke pondasi atau penopang beban/berat struktur atas bangunan ke struktur bangunan lain yang berada di bawahnya.

Untuk penempatannya, harus ada jarak perhitungan yang tepat di setiap kolomnya. Jarak ideal dalam penempatan kolom sekitar 3,5 meter namun, jarak pada kolom dapat berubah dan dapat disesuaikan dengan besar serta luasnya area bangunan itu sendiri. Sehingga apabila penempatannya dibuat dengan asal – asalan maka dampak yang akan terjadi yaitu kerobohan pada bangunan.

Beberapa jenis Kolom berdasarkan bahan yang digunakan

Baja

Kolom baja biasanya digunakan dalam konstruksi struktur baja ringan. Kolom baja yang sering digunakan dalam pembangunan adalah kolom T. Adapun kelebihan yang dimiliki kolom baja ialah memiliki struktur yang fleksibel, karakteristiknya yang kuat dan awet, prose perangkaiannya yang terbilang mudah dan mudah dibentuk.

Kayu

Sebelum mengenal kolom beton, kolom kayu menjadi yang paling sering digunakan untuk struktur bangunan karena material kayu sangat mudah didapat. Kelebihan yang dimiliki kolom kayu ialah memiliki daya tahan terhadap listrik dan bahan kimia dan proses pembuatannya yang sangat mudah. Sedangkan kelemahan kolom kayu ialah memerlukan perawatan yang khusus  karena jika tidak dirawat dengan benar akan mengakibatkan kerusakan, tidak tahan terhadap cuaca lembab sehingga mudah lapuk dan berjamur, mudah terserang rayap, dan tidak memiliki daya tahan terhadap api sehingga mudah terbakar karena kolom ini terbuat dari kayu.

Baca juga : Wall Panel (Jual Wall Panel GRC).

Balok

Kolom balok merupakan kolom yang terbuat dari campuran balok beton semen atau balok ACC. Kelebihan dari kolom balok ialah memiliki berat yang jauh lebih ringan dibanding dengan kolom beton.

Bata

Menjadi salah satu material yang sering digunakan sebagai struktur penahan beban pada pembangunan, fungsi dari kolom bata ialah sebagai penopang stabilitas struktur susunan bata dan kolom, memiliki nilai estetikanya sendiri karena tampilannya yang alami.

Batu

Bebatuan merupakan material utama dalam pembuatan kolom batu. Fungsinya sendiri dijadikan sebagai unsur estetika karena unsur batu alamnya yang indah.

Beton Bertulang

Material kolom beton bertulang terdiri dari campuran beton dan besi. Campuran beton dan besi ini akan membuat kolom dapat menahan gaya tekanan serta gaya tarik dari bangunan.

Kemudian apa itu Kolom GRC? berikut penjelasannya

Kolom GRC merupakan salah satu material dekorasi bangunan yang saat ini sering digunakan dalam pembangunan. Kolom GRC tidak digunakan untuk structural bangunan, namun hanya digunakan sebagai dekorasi atau pelapis luar kolom utamanya.

GRC sendiri merupakan salah satu material sejenis beton yang diperkuat oleh serat atau yang lebih sering kita sebut dengan beton bertulang glassfibre. Dibandingkan dengan beton pada umumnya, berat dari GRC terbilang cukup ringan dan adapun material yang digunakan untuk membuat GRC diantaranya seperti serat fiber/kaca, semen, pasir halus, polimer akrilik dan air.

Adapun kelebihan yang dimiliki oleh material GRC antara lain sebagai berikut :

  • Tahan api, sehingga tidak mudah terbakar,
  • Tahan pada cuaca, baik cuaca panas maupun hujan sehingga GRC tidak mudah lapuk dan berkarat,
  • Memiliki bobot yang cukup ringan, sehingga dalam proses pemasangannya cukup mudah,
  • Material GRC dapat dibentuk atau dibuat menjadi berbagai macam benda, seperti kolom, lisplang, kubah dan dekorasi bangunan lainya,
  • Tidak memerlukan perawatan yang khusus, sehingga tidak menambah biaya maintenance,
  • GRC 100% bebas dari asbestos, maka dapat dikatakan bahwa GRC aman bagi kesehatan dan merupakan produk yang ramah lingkungan.

Demikian penjelasan yang dapat saya sampaikan mengenai kolom bangunan dan kolom GRC. Apabila anda tertarik membuat dekorasi dari GRC, kami siap membantu. Kami Nuansa Arta Mega merupakan salah satu layanan jasa dalam bidang cetak GRC yang menerima pemesanan GRC dalam bentuk dan motif custom. Adapun GRC yang pernah kami buat diantaranya seperti kolom, lisplang, ornament, krawangan, kubah dan beberapa produk lain yang terbuat dari material GRC ini.

Untuk pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan silahkan hubungi kontak yang tertera di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp