Jenis – Jenis Lisplang Bangunan | Jual Lisplang GRC

Setiap orang tentunya menginginkan rumah mereka terasa nyaman dan juga indah. Oleh karena itu pembuatan desain sangatlah penting untuk dapat menghasilkan unsur estetika yang indah dan juga enak dipandang. Berbicara mengenai estetika, tentunya sudah tidak asing dengan istilah Lisplang. Meskipun penggunaan lisplang pada seuah bangunan sudah terbilang umum, namun masih ada sebagian orang yang belum memahami tentang beberapa jenis Lisplang dan fungsi sebenarnya dari Lisplang ini. Untuk itu dalam kesempatan kali ini kita akan membahas seputar Lisplang. Berikut ini penjelasannya.

Pengertian Lisplang dan Fungsinya

Lisplang merupakan salah satu bagian yang terdapat pada sebuah bangunan dan biasanya digunakan untuk mempercantik dan menutupi bagian atas atau tepian atas bangunan. Bagian bangunan ini sering kali disebut dengan papan tepi. Penggunan Lisplang pada bangunan akan menghasilkan tampilan rapi dan juga indah ketika dipandang, baik dilihat dari sisi bawah maupun sisi lainya. Selain untuk unsut keindahan dan sebagai penutup tepian atas bangunan, Lisplang juga berfungsi untuk melindungi bagian tepi struktur atap dari panas matahari dan guyuran hujan.

Namun,sayangnya papan tepi pada bangunan sering kali tak begitu diperhatikan, padahal penggunaan Lisplang sangat berguna dan bermanfaat untuk melindungi dan juga sebagai unsur estetika pada sebuah bangunan.

Jenis – Jenis Lisplang

Pengaruh dari perkembangan zaman, perkembangan Lisplang dari masa ke masa telah menghasilkan berbagai jenis Lisplang dan juga memiliki keunggulannya masing – masing. Oleh karena itu, penggunaan Lisplang pada bangunan sebaiknya ditentukan terlebih dahulu tipenya agar sesuai dengan konsep yang digunakan. Dengan begitu, hasilnya akan sempurna dan senada dengan konsep yang sedang diusung. Maka dari itu supaya tidak mengalami kesalahan dalam pemilihan jenis Lisplang, berikut akan dijelaskan macam – macam Lisplang beserta kelebihannya masing – masing.

  • Lisplang Kayu

pinterest.com

Lisplang ini termasuk Lisplang tertua yang pernah digunakan di Indonesia. Itulah sebabnya Lisplang Kayu sering kita jumpai pada bangunan – bangunan tradisional, seperti di daerah Jawa dan Bali. Material kayu yang biasanya digunakan dalam pembuatan lisplang ini biasanya memiliki ukuran sekitar 20 cm dengan ketebalan sekitar 2 cm sampai dengan 3 cm. Bobot Lisplang Kayu dengan ketebalan tersebut akan menghasilkan bobot paling ringan namun tetap kuat.

Kelebihan Lisplang Kayu

Kelebihan dari Lisplang Kayu ialah bentuknya yang dapat kita ukir dengan motif – motif yang kita inginkan dan dapat dibuat dengan berbagai variasi sekaligus. Meski demikian, ada pula Lisplang kayu yang bentuknya lebih modern dan polosan.

Kayu yang biasanya digunakan dalam pembuatan Lispalng biasanya seperti kayu Jati, Kamper, Meranti, Bengkirai. Jenis kayu – kayu ini memiliki ketahanan yang kuat. Namun rentan terhadap pembusukan, rayap dan cuaca.

Tampilan sederhana / polosan pada Lisplang akan cocok diaplikasikan pada rumah minimalis yang memiliki kesan natural. Sedangkan untuk Lisplang bermotif akan lebih cocok diaplikasikan pada rumah bernuansa etnik tradisional sehingga akan menamFpilkan kesan mewah dan unik.

Baca juga Artikel : Krawangan GRC Sebagai Arsitektur Dekorasi – Jual GRC Cetak.

  • Lisplang Metal

pinterest.com

Sekarang ini penggunaan Lisplang Kayu sudah semakin jarang karena harganya yang mahal dan kelangkaan bahan dasarnya. Maka solusinya adalah menggunakan Lisplang dari bahan metal.

Mengingat harga kayu sangat mahal dipasaran, yang disebabkan oleh kelangkaannya. Karena hal tersebut, banyak orang beralih pada Lisplang Metal. Selain karena mudah ditemui alasan Lisplang menjadi solusi ketika Lisplang Kayu susah didapat ialah karena mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh Lisplang Kayu.

Ketebalan Lisplang Metal

Material untuk membuat Lisplang Metal biasanya terbuat dari Alumunium, Galvanis, dan Alumezine yang harganya lebih murah tanpa mengurangi nilai kualitasnya. Berdasarkan ketebalannya Lisplang metal memiliki beberapa pilihan, mulai dari ketebalan 0,6cm sampai dengan 0,9 cm. Lisplang jenis ini biasanya akan cocok pada rumah modern karena memiliki tampilan yang minimalis

Keunggulan Lisplang Metal

Meskipun dengan ketebalan yang terbilang tipis, Lisplang metal tetap kuat dan dengan bobotnya yang ringan akan memudahkan dalam proses pemasangannya. Selain itu Lisplang ini memiliki katahanan yang baik terhadap cuaca panas maupun hujan sehingga tidak akan mengalami nyeri dan lapuk, serta tidak memerlukan perawatan yang khusus.

  • Lisplang Beton

pinterest.com

Bahan utama dalam pembuatan Lisplang Beton adalah pasir dan semen. Lisplang ini biasanya dibuat dengan sistem cetakan, tujuannya Lisplang Beton mempunyai bentuk yang rapi dan presisi. Umumnya Lisplang Beton dengan bentuk motif dan polos memiliki ketebalan 0,9 cm.

Kelebihan Lisplang Beton

Jenis Lisplang ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya kuat, tahan terhadap segala cuaca sehingga mudah dicuci,tidak berkarat karena terbuat dari bahan semen, dan kualitasnya sangat bagus. Namun Lisplang beton harganya lebih mahal dibandingkan Lisplang jenis lainnya.

Beton Lisplang memiliki tampilan yang natural dan minimalis sehingga cocok diaplikasikan pada rumah modern, rumah bertingkat dan rumah dengan atap datar (cor).

  • Lisplang GRC

pinterest.com

GRC Lisplang merupakan salah satu produk dari GRC. Bahan yang biasanya digunakan untuk membuat lisplang GRC sama dengan produk GRC lainnya seperti air, semen, pasir halus, polimer akrilik, dan serat fiber (Glassfibre). Lisplang GRC sama dengan Lisplang beton, sama – sama menggunakan sistem cetakan sehingga bentuknya akan rapi dan presisi.

Keunggulan Lisplang GRC

  1. Memiliki bentuk Lisplang yang beragam dan dapat pula disisipkan motif yang berbeda – beda karena menggunakan sistem cetakan moulding manual sehingga dapat dibentuk sesuai keinginan konsumen.
  2. Bobotnya cukup ringan dibandingkan Lisplang beton.
  3. Kuat dan tahan lama.
  4. Anti cuaca sehingga tidak lapuk, anti karat, tidak mudah ditumbuhi jamur dan tidak mudah rusak meski sering terkena hujan yang mengandung air asam.
  5. Ramah lingkungan karena 100% bebas dari bahan asbes.
  6. Lisplang GRC dapat dicocokkan pada bangunan apapun baik rumah modern maupun minimalis.
  7. Dilihat dari harganya Lisplang GRC tidak begitu mahal, sebanding dengan kualitas yang diberikan oleh Lisplang ini.
Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai Lisplang bangunan. semoga bermanfaat..! Apabila anda mencari kontraktor pembuat Lisplang GRC silahkan hubungi kami..! kami siap membantu dan mewujudkan keinginan Anda untuk mendekorasi rumah dengan menggunakan Lisplang GRC. Selain Lisplang GRC kami juga menerima pemesanan produk GRC lainnya seperti krawangan, kubah, panel, mihrab dan produk GRC lainnya.

Berikut beberapa foto produk Lisplang GRC dan produk GRC lainnya yang mungkin dapat dijadikan referensi untuk mencatat bangunan anda. Dan untuk informasi atau pemesanan, silahkan hubungi kontak Whatsapp kami yang ada di pojok kanan bawah artikel ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp