Kolom GRC Untuk Arsitektur Bangunan

KOLOM SEBAGAI ARSITEKTUR BANGUNAN

Seiring dengan perkembangan zaman baik dalam bidang teknologi maupun pengetahuan, manusia terus berlomba – lomba menciptakan inovasi baru guna mempertahankan daya saing dalam bidang pengetahuan, industri dan bisnis. Dengan begitu banyaknya inovasi dan kreatifitas manusia yang semakin berkembang dan bermunculan. Misalnya saja pada konstruksi industri, contohnya seperti pengaplikasian produk GRC pada komponen dan struktur bangunan.

Krawangan adalah produk GRC yang memiliki bentuk seperti papan berlubang yang membentuk suatu motif tertentu. Motif yang biasanya digunakan bermacam – macam. Sebelum mengenal Kolom GRC lebih lanjut, sebailnya kita pahami terlebih dahulu pengertian dan jenis – jenis Kolom bangunan.

PENGERTIAN DAN JENIS – JENIS KOLOM

Kolom adalah salah satu struktur bangunan yang berperan sebagai elemen struktur tekan yang keberadaanya sangat penting. Kolom pada bangunan berfungsi untuk meneruskan beban bangunan bagian atas ke pondasi atau penopang bebab struktur bangunan lain yang berada di bawahnya. Dengan pengaplikasian Kolom pada bangunan akan menghasilkan sebuah bangunan yang kokoh dan kuat, sehingga tidak terjadi kerobohan pada bangunan tersebut.

Dalam proses pengaplikasian atau pembuatan kolom, harus diperhatikan perhitungan jarak yang tepat pada setiap kolomnya. Jarak penempatan Kolom idealnya sekitar 3,5 m namun, jarak ini dapat beruabah sesuai dengan besar dan luasnya kawasan bangunan. Apabila jarak Kolom dibuat dengan asal – asalan maka kemungkinan akan terjadi kerobohan pada bangunan akan semakin tinggi, baik dalam jangka waktu cepat atau lambat.

Posisi Kolom sangat berhubungan dengan stabilitas dan ketahanan suatu bangunan. Struktur pada Kolom rata – rata berbahan besi dan beton yang sudah teruji akan ketahanan dari beban dan tekanannya. Pemilihan bahan untuk Kolom sangat penting, Anda harus memahami terlebih dahulu jenis Kolom yang cocok dengan bangunan yang akan dibuat.

Nah, berikut ini kita bahas jenis – jenis Kolom yang cocok diaplikasikan pada sebuah bangunan.

JENIS KOLOM BANGUNAN BERDASARKAN BAHAN KONSTRUKSI

  • Kolom Baja

kolom baja minimalis
pinterest.com

Salah satu komponen struktur pada bangunan dan sering digunakan pada konstruksi struktur baja ringan. Meskipun struktur baja lebih fleksibel, namun karakteristiknya tetap kuat dan awet dibandingkan material lainnya. Dengan karakteristik tersebut, proses pemasangan akan lebih mudah karena struktur baja lebih fleksibel. Kolom T adalah kolom yang sering digunakan pada struktur baja.

Baca juga artikel : Jenis – Jenis Lisplang Bangunan .

  • Kolom Kayu

kolom motif kayu
pinterest.com

Sebelum banyak orang yang mengenal Kolom yang terbuat dari beton, pada saat itu Kolom Kayu adalah Kolom yang palig sering digunakan karena bahan kayu mudah didapat. Selain proses pembuatannya yang cukup mudah, Kolom Kayu juga memiliki daya tahan terhadap listrik dan bahan kimia. Namun proses perawatannya harus lebih diperhatikan karena mudah terserang rayap dan jamur, mudah lapuk, dan mudah terbakar.

  • Kolom Balok

kolom balok untuk rumah
pinterest.com

Jenis Kolom yang terbuat dari campuran balok beton semen atau balok ACC. Berat dari Kolom Balok jauh lebih ringan dibandingkan Kolom Beton.

  • Kolom Bata

jual kolom bata
pinterest.com

Menjadi yang paling sering digunakan dalam pembangunan. Selain sebagai penopang struktur stabilitas struktur bata, Kolom Bata sering dipilih karena memiliki tampilan yang lebih alami dan terlihat lebih estetis.

  • Kolom Batu

batu untuk dekorasi kolom
pinterest.com

Bahan yang digunakan dalam pembuatan Kolom Batu berasal dari bebatuan. Seperti Kolom Bata, Kolom Batu sering digunakan pada bangunan karena memiliki nilai estetika yang alami karena terbuat dari batu alam yang indah.

  • Kolom Beton Bertulang

kolom cor
pinterest.com

Kolom ini berasal dari campuran baja dan beton. Baja digunakan pada kolom ini untuk menaikkan daya tarik dari beton, meskipun beton memiliki kompresi yang sangat kuat namun dalam hal tarikan Kolom Beton terbilang lemah.

  • Kolom GRC

jasa cetak kolom masjid bermotif harga murah
By Nuansa Arta Mega

Inovasi dari produk lain GRC adalah Kolom. Kolom jenis ini tidak digunakan sebagai struktur utama pada bangunan, hanya digunakan sebagai pelapis luar dari tiang Kolom atau untuk dekorasi luar Kolom saja. Struktur Kolom yang sebenarnya dapat berasal dari jenis Kolom Baja, Balok, Beton, Batu, Bata, dan Kayu.

Baca juga : Wall Panel (Jual Wall Panel GRC).

KELEBIHAN PRODUK YANG BERASAL DARI MATERIAL GRC

Produk GRC memiliki banyak kelebihannya, diantaranya seperti :

  1. Produk GRC memiliki ketahanan terhadap cuaca. Meskipun selalu terkena sinar matahari dan terguyur oleh derasnya hujan udara, produk GRC tidak akan mudah rusak, berkarat dan lapuk sehingga terjamin keawetannya.
  2. GRC tahan terhadap api, karena dalam material pembuat GRC terkandung material Glassfibre Alkali Resistance yang mempunyai sifat suhu luluh 860°C. Apabila terkena api, GRC tidak akan membakar api dan tidak mudah terbakar.
  3. Karena tidak terbuat dari material kayu, produk GRC tidak akan terkena rayap dan jamur.
  4. Dikarenakan menggunakan sistem cetak atau molding, proses pembuatan produk GRC terbilang mudah sehingga produk yang dihasilkan akan sesuai dengan desain yang telah dipilih dan jadwal dapat terkendali.
  5. Meskipun material yang digunakan untuk membuat GRC hampir sama dengan beton, namun untuk bobotnya sendiri GRC lebih ringan karena ketebalan benda yang digunakan tidak seperti produk beton. Biasanya ketebalan produk GRC sekitar 8 mm, hingga 2,5 cm atau bahkan lebih sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu produk GRC dapat mengurangi berat struktur bangunan.
  6. Memiliki bentuk yang beragam, sehingga dapat diaplikasikan di berbagai tempat seperti pada bangunan kantor, peribadatan serta bangunan komersial lainnya.
  7. Karena dibuat dengan keuletan yang tinggi, maka akan menghasilkan sebuah produk GRC yang tidak mudah retak, kedap udara dan tahan terhadap benturan.
  8. Proses pemasangan yang cukup mudah.
  9. Tidak perlu perawatan khusus sehingga dapat mengurangi biaya perawatan.
  10. Produk GRC 100% tidak mengandung bahan Asbestos sehingga terjamin ramah lingkungan.

Demikianlah penjelasan mengenai Kolom bangunan yang terbuat dari GRC. Semoga bermanfaat!! Apabila anda membutuhkan kontraktor GRC cetak silahkan hubungi kami. Kami siap melayani pemesanan cetak GRC dengan bentuk dan ukuran custom.

Untuk info lebih lanjut hubungi saja kontak Whatsapp yang ada di pojok kanan bawah artikel!! serta untuk referensi kami tampilkan beberapa produk GRC yang sebelumnya pernah kami buat di bawah ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp