Wall Panel (Jual Wall Panel GRC)

Panel Dinding

Panel dinding merupakan lembaran papan tipis yang memiliki motif atsu corak yang biasanya digunakan sebagai pelapis untuk menutupi permukaan dinding bangunan. Well panel atau panel dinding biasanya berbentuk 3D. Dengan tekstur 3d tersebut, panel dinding dapat menonjolkan suatu elemen atau menciptakan titik fokus dan membuat dinding tampak lebih bervolume.

Ketebalan yang dimiliki panel bervariasi – macam, mulai dari 8mm – 15mm. Namun jika dibuat secara custom, ketebalan panel dinding bisa lebih dari yang telah disebutkan sebelumnya. Desain atau motif yang digunakan dalam pembuatan panel dinding sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan gaya bangunan tersebut. Gaya aau motif yang sering digunakan umumnya memiliki desain yang sederhana, modern, minimalis hingga berbentuk menyerupai flora dan fauna. Panel dinding juga berfungsi untuk menutupi kerusakan dinding (cat pudar atau lubang pada dinding), tampilan dinding lebih menarik dan indah.

Jenis Panel Dinding

Saat ini, menemukan panel dinding sangatlah mudah karena pembuatannya sudah secara komputerisasi sehingga tersedia dalam berbagai bentuk dan motif. Pilihan panel dinding ini juga bermacam – macam, dari segi bahan wall panel dapat dibuat dari bahan seperti berikut ini.

Papan ubin atau MDF (Medium Density Fiberboard)

MDF juga sering disebut dengan papan ubin. papan MDF memiliki lapisan melamin, sehingga jika menggunakan papan ini dinding akan terlihat seperti memakai ubin keramik.

MDF ini lebih cocok diaplikasikan pada ruangan dapur, toilet, bak mandi atau kafe. Dengan memakai papan ini akan membuat ruangan terlihat lebih mewah dan elegan, Namun, untuk harganya sendiri panel dinding ini tebilang lebih mahal dibanging panel dinding jenis lainnya.

Fiber plant

Fiber plant memiliki harga yang lebih murah dibandingkan MDF dan merupakan panel yang ramah lingkungan. Ukuran serat tanaman bermacam – macam, mulai dari 625×800 mm hingga 500×500 mm.

Gypsum

Gypsum terbuat dari campuran kertas yang dilumatkan menjadi bubur dan dicampur dengan bahan lainnya. Gypsum memiliki bobot yang ringan sehingga mudah dipasang dan perawatannya sangat mudah, cukup dibilas dengan kain lap setengah basah. K etebalan gipsum sangat tipis, mulai dari 9 – 15 mm.

Material Gypsum juga mampu meredamkan suara sehingga akan sangat cocok digunakan pada ruang studio maupun home teater. Hanya saja bahan gipsum mudah rapuh dan tidak tahan udara sehingga tidak disarankan pada ruang dapur dan kamar mandi.

Baca juga artikel : Kolom GRC Untuk Arsitektur Bangunan.

Beton konkret

Beton memiliki sifat kuat, tahan terhadap perubahan cuaca, tidak mudah rusak dan lebih ekonomis. Karena memiliki karakteristik seperti beton, panel dinding ini dapat dipakai di area outdoor maupun indoor, misalnya untuk teras rumah. Meski memiliki keunggulan tersebut, panel dinding ini terbilng sangat murah dibandingkan jenis lainnya.

GRC (Beton Bertulang Fiber Glass)

GRC adalah material yang terbuat dari campuran beton dan serat kaca (Glassfibre). Serat kaca digunakan sebagai penguat tulangan untuk menggantikan tulangan besi. Panel dinding GRC memiliki kelebihan tidak mudah terbakar, awet, dan tahan terhadap cuaca ekstrim. Dan yang lebih penting adalah GRC dapat meredam suara dan panas sehingga cocok untuk ruangan privasi agar hunian lebih terjaga.

Jadi apakah Anda tertarik menggunakan panel dinding pada bangunan Anda? Jangan lupa pilih motif atau desain yang sesuai bangunan anda. Dan jangan salah dalam memilih jenis wall panelnya.

Apabila masih bingung dalam pemilihan panel dinding, kami rekomendasikan panel dinding GRC saja. Dan untuk pembuatannya serahkan saja pada kami!. Kami adalah salah satu kontraktor GRC cetak, kami melayani pencetakan, pengecatan, pengiriman, dan pemasangan GRC.

Tak hanya panel dinding GRC saja. Nuansa Arta Mega juga melayani jasa pencetakan krawangan, lisplang, kubah, kolom dan produk GRC lainnya dengan ukuran dan motif custom. Untuk pertanyaan dan informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi Instagram atau hubungi kontak kami di pojok kanan bawah artikel ini!.

Berikut beberapa produk GRC yang kami buat, semoga dapat dijadikan referensi atau pilihan GRC untuk bangunan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp