Mengenal Lisplang Bangunan – Jual Lisplang GRC Cetak

Mengenal Lisplang

Lisplang merupakan salah satu bagian bangunan yang berguna sebagai penutup bagian atas atau pinggiran atap bangunan serta untuk mempercantik bangunan. Lisplang juga sering disebut dengan papan tepi.

Papan tepi banyak dimanfaatkan pada bangunan yang memiliki rangka atap berbentuk segitiga, namun bisa juga untuk bangunan rumah beringkat. Papan tepi atau lisplang lebih cocok digunakan pada daerah beriklim tropis seperti di Indonesia. Hal ini dikarenakan daerah tropis mempunyai curah hujan tinggi yang membuat atap rumah selalu terkena hujan air. Dengan penggunaan lisplang pada bangunan dapat mencegah hujan air mengenai rangka atap atau bagian atas bangunan

Jenis Lisplang

Papan tepi memiliki banyak sekali jenisnya dan dapat ditemukan dengan mudah di pasaran. Berikut ini jenis – jenis lisplang dari segi bahan yang digunakan.

Bahan Beton

Bangunan bergaya modern, bertingkat, atau perumahan beratap datar, akan cocok dengan lisplang beton. Lisplang bton memiliki durabilitas yang sangat tinggi dan dapat juga dimanfaatkan sebagai talang air hujan. Selain itu, lisplang ini tahan panas dan tidak mengalami panas. Namun, lisplang beton adalah salah satu jenis lisplang yang paling berat dari lisplang lainnya.

Untuk jenis lisplang beton cara pembuatannya dapat secara manual (konvensional) langsung pada tempatnya atau secara precast. Penggunaan lisplang pada rumah klasik akan terlihat mewah dan pada bangunan modern akan terlihat minimalis.

Kayu

Di Indonesia, lisplang tertua yang sudah digunakan pada bangunan adalah lisplang kayu. Bahan kayu yang biasanya digunakan untuk membuat lisplang adalah jenis kayu yang tahan terhadap cuaca. Contohnya seperti kayu jati, kamper, bengkirai, meranti dan lainnya. Namun, meski cukup tahan cuaca, lisplang dari kayu tetap bisa mengalami pembusuka dan harganya yang mahal karena sulit didapat. Ada 3 pilihan gaya pada lisplang kayu yaitu polosan, modern dan bermotif.

Logam

Salah satu pengganti material kayu adalah dengan menggunakan material metal. Lisplang metal menawarkan harga yang lebih ekonomis dan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan material kayu. Umtuk tampilannya, lisplang metal lebih cocok digunakan pada bangunan modern atau minimalis dan dapat digunakan untuk rangka atap baja ringan. Bahan logam yang biasa digunakan untuk pembuatan lisplang adalah galvaniz dan galvalume.

Baca juga artikel : Jenis – Jenis Lisplang Bangunan .

GRC

GRC (Glassfibre Reinforced Cement) adalah material yang berasal dari campuran beton dan serat kaca sebagai pengganti tulangan baja. Dibanding beton, bobot dari GRC cukup ringan. Selain itu GRC memiliki daya tahan terhadap cuaca, tahan benturan, awet, tahan api serta tidak mudah lapuk dan berkarat.

jual lisplang grc murah
By Nuansa Arta Mega

Bentuk atau gaya lisplang GRC dapat dibuat polosan atau bermotif, karena GRC dibuat secara custom. Dengan kemampuan yang dapat dicetak secara custom, lisplang GRC cocok pada bangunan apa pun baik untuk perumahan modern, tradisional, atau bangunan bertingkat.

Manfaat Lisplang

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa lisplang berguna untuk mempercantik suatu bangunan. Ternyata lisplang juga memiliki manfaat lainnya seperti untuk menyembunyikan rangka atap, pelindung tepian rangka atap dari cuaca buruk. Selain melindungi bangunan dari cahaya matahari dan hujan, lisplang juga dapat memantulkan cahaya yang masuk dan mengurangi suhu dalam ruangan.

Sekian penjelasan singkat mengenai lisplang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Pilihlah lisplang yang cocok dengan banunan dan sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Apabila Anda ingin menggunakan lisplang GRC pada bangunan Anda, Anda dapat menghubungi kami. Kamu merupakan salah satu kontraktor jasa cetak GRC seperti lisplang, krawangan, kolom, kubah dan produk GRC lainnya. Untuk motif dan ukuran lisplang dapat dicustom sesuai keinginan anda.

Untuk informasi selanjutnya hubungi saja kontak kami yang berada di pojiok kanan bawah artikel ini!! atau bisa juga kunjungi Instagram kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp