Spesialis cetak GRC kubah, krawangan, lisplang

Apa itu material GRC?

GRC singkatan dari Glassfibre Reinforced Cement/Concrete, yang merupakan produk sejenis beton yang dicampur dengan fiberglass (serat kaca). GRC mempunyai karakteristik yang istimewa, memiliki bentuk yang beragam dan fungsi tersendiri untuk bangunan. Bahan yang digunakan hampir sama seperti beton yaitu semen, agregat halus (pasir), udara dengan tambahan fiberlass dan bahan pendukung lainnya.

Produk GRC mampu memberikan solusi untuk mewujudkan berbagai desain dengan mudah meski rumit sekalipun. Sifat produk GRC juga lebih efisien dan fleksibel serta sangat baik untuk diterapkan pada beragam desain arsitektur (interior maupun eksterior). Hal tersebut yang menjadi alasan produk GRC diminati para konsumen dan kontraktor.

Aplikasi GRC

beli grc ornamen harga murah
By Nuansa Arta Mega

Seperti yang disebutkan sebelumnya, GRC dapat diterapkan untuk interior maupun eksterior bangunan. Berbagai macam bangunan dapat kita aplikasikan produk GRC baik itu bangunan perkantoran, tempat peribadatan, perumahan dan bangunan lainnya. Contoh produk GRC yang sering digunakan untuk bangunan antara lain seperti panel fasade, kolom, lisplang, kubah, krawangan dan lain sebagainya.

Baca juga : Kolom GRC Untuk Arsitektur Bangunan.

Meskipun produk GRC tidak termasuk elemen struktural, GRC yang dipasang di area atau badan bangunan tetap memiliki fungsinya sendiri. Contohnya, dapat digunakan sebagai dekorasi (memperindah tampilan bangunan) atau krawangan sebagai penyekat antar ruangan, Lisplang sebagai penutup tepian atas bangunan. Karena produk GRC bermacam – macam, cara pemasangannya pun berbeda sesuai dengan tingkat kesulitannya. Berikut contoh cara pemasangan produk GRC.

Jika GRC seperti lis yang menempel langsung pada dinding pemasangannya menggunakan skrup. Adapun kolom (pelapis kolom) pada gedung bertingkat pemasangannya biasanya menggunakan angkur. Serta apabila bidang atau area pemasangan sangat panjang dan lebar, GRC biasanya dibuat menjadi sambungan atau nat. Alasan GRC harus disambung atau dengan nat biasanya karena GRC tidak bisa dicetak dengan ukuran yang panjang dan lebar. Biasanya sambungan – sambungan GRC tersebut akan disatukan menggunakan sealant.

cetak GRC untuk jembatan, krawangan pagar
By Nuansa Arta Mega

Keuntungan dan manfaat menggunakan GRC

  • Dapat dikreasikan menjadi bentuk dan desain yang beragam dengan fungsi yang berbeda – beda
  • Fleksibel dan ringan, sehingga mudah dalam pemasangannya
  • Tahan terhadap perubahan cuaca dan api, sehingga akan lebih awet dan tahan lama
  • Tidak lapuk, berjamur, anti rayap, dan tahan terhadap benturan ringan

Demikianlah penjelasan singkat mengenai GRC, semoga bermanfaat. Apabila anda mencari spesialis jasa cetak GRC anda bisa hubungi kami. kami adalah salah satu spesialis GRC cetak yang menerima pemesanan produk GRC dengan bentuk, ukuran dan motif custom. kami juga menyediakan pelayanan seperti pengecatan, pengiriman dan pemasangan GRC.

Produk GRC yang kami buat meliputi krawangan, lisplang, kolom, kubah, panel dinding dan produk GRC lainnya. Pilihlah produk GRC yang sesuai dengan kebutuhan anda, kami akan membantu untuk mewujudkannya. anda bisa hubungi kontak kami di pojok bawah artikel ini atau bisa juga kunjungi Instagram kami.

Berikut ini beberapa produk GRC yang kami produksi, mungkin dapat dijadikan contoh dalam memilih arsitektur dekorasi dari GRC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp