Spesialis pembuatan GRC cetak (ornamen, krawangan, kubah dan sebagainya)

Nuansaartamega – Kini di dunia industri konstruksi, GRC sudah sangat umum digunakan pada bangunan. Hal ini dapat terjadi karena GRC mudah diaplikasikan pada bangunan apapun. Berikut ini penjelasan lebih lanjut tentang GRC.

jual hiasan tempel dinding
Oleh Nuansa Arta Mega

Apa itu GRC?

GFRC (Glassfibre Reinforced Concrete/Cement) atau sering juga disebut dengan GRC. GRC merupakan material komposit bangunan yang terbuat dari semen, pasir, udara dan serat kaca tahan alkali. Serat kaca berguna untuk memberikan penguatan dan meningkatkan kekuatan, meningkatkan daya tahan dan kekakuan material GRC.

Dalam industri konstruksi, GRC sangat umum digunakan untuk berbagai aplikasi. GRC dapat diaplikasikan menjadi fasad bangunan, panel dinding, kelongsongan, kolom dan elemen dekoratif lainnya. Serta cocok untuk digunakan pada bangunan apa pun seperti untuk perumahan, jembatan, perumahan, dan bangunan lainnya.

Keuntungan

Salah satu keuntungan utama dari penggunaan GRC adalah bobotnya yang cukup ringan dibandingkan material beton. Dengan bobot tersebut, GRC dapat diaplikasikan pada gedung bertingkat. Fleksibilitas dan kelenturan GRC juga berpengaruh dalam menciptakan desain yang rumit sekalipun. Hal ini dapat dicapai dengan penggunaan cetakan. Cetakan GRC dirancang untuk dapat menciptakan bentuk atau tekstur apa pun, baik menyerupai ornamen, motif tradisional, ukiran dan lain sebagainya.

Keunggulan lain dari GRC adalah memiliki daya tahan terhadap faktor lingkungan seperti panas, sinar UV dan kelembapan. GRC juga tahan terhadap serangan kimia dan biologi, sehingga dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu GRC tidak mudah terbakar dan tahan benturan.

Baca juga artikel : Wall Panel (Jual Wall Panel GRC) .

Aplikasi

Secara keseluruhan, GRC adalah material serbaguna yang dapat dimanfaatkan untuk konstruksi industri termasuk kekuatan, ketahanan dan ketahananya pada faktor lingkungan. Meski bukan termasuk elemen struktural, GRC dapat dipasang pada area atau badan bangunan. Cara pemasangan GRC pada setiap bangunan berbeda – berbeda sesuai dengan besar kecilnya dan fungsi GRC bagi bangunan.

Misalnya GRC seperti lis yang langsung menempel di dinding biasanya pemasangannya menggunakan skrup. Adapun kolom (pelapis kolom) pada gedung yang bertingkat pemassangannya menggunakan angkur. Serta jika bidang atau area pemasangan cukup panjang dan lebar, GRC akan dibuat menjadi sambungan atau nat. Hal ini disebabkan GRC tidak bisa dicetak langsung dalam ukuran yang sangat panjang, besar dan lebar. Biasanya sambungan pada GRC akan disatukan menggunakan sealant.

Sekian penjelasan singkat tentang materi GRC, semoga bermanfaat. Apabila Anda ingin membeli Produk GRC cetak seperti krawangan, kolom atau lainnya, Anda dapat mencari kami. Kami adalah kontraktor spesialis cetak GRC yang juga melayani jasa pengecatan, pengiriman dan pemasangan produk GRC. Produk GRC yang kami buat bermacam – macam, seperti kolom , krawangan , kubah , lisplang , fasade bangunan dan lain sebagainya.

Untuk informasi selanjutnya anda bisa kunjungi juga Instagram kami atau jika ingin melakukan pemesanan hubungi saja kontak kami di pojok kanan bawah artikel ini!.

Berikut ini beberapa foto produk GRC yang pernah kami buat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp