Beton bertulang serat kaca (GRC atau GRFC)

Beton Bertulang Serat Kaca

Beton bertulang serat kaca (Glassfibre Reinforced concrete) atau GFRC, juga dikenal sebagai GRC (Glassfibre Reinforced Cement). Material ini merupakan material komposit yang terdiri dari pasir, semen halus, air, dan serat kaca tahan alkali. Serat kaca digunakan pada campuran GRC berfungsi sebagai penguat dan meningkatkan kekuatan, fleksibilitas material dan daya tahan.

GFRC/GRC umumnya digunakan dalam industry konstruksi untuk berbagai aplikasi, seperti system fasade, panel, dan elemen dekoratif seperti kolom, dan lainnya. ini juga dapat digunakan dalam struktur beton pracetak seperti jembatan, terowongan, dan pelapis road barrier beton.

Keuntungan

Baca juga : Jenis – Jenis Lisplang Bangunan.

Salah satu keunggulan utama dari GFRC/GRC adalah bobotnya yang ringan. Oleh karena itu, material ini sangat ideal untuk proyek yang mengutamakan bobot, misalnya pada gedung bertingkat. Serta Rasio kekuatan terhadap berat material ini tinggi, sehingga dapat menahan beban dan tekanan yang signifikan namun tetap ringan. GFRC/GRC juga dikenal karena kelenturan dan fleksibilitasnya, sehingga ideal dan mampu untuk menciptakan bentuk dan desain yang rumit dan bermotif. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan cetakan, yang dapat dirancang untuk menciptakan bentuk dan tekstur yang diinginkan.

Keunggulan lain dari material ini adalah daya tahannya terhadap factor lingkungan seperti panas, sinar UV, dan kelembapan. Serta ia juga tahan terhadap serangan biologis dan kimia, sehingga cocok untuk digunakan dilingkungan yang keras.

Secara keseluruhan, GFRC/GRC merupakan material serbaguna dan memiliki manfaat yang banyak bagi industri konstruksi. Hal ini dipengruhi oleh keunggulan material tersebut, termasuk kekuatan, ketahanan terhadap factor lingkungan dan fleksibilitasnya.

Di Indonesia, jenis material ini sering digunakan sebagai elemen dekoratif pada bangunan seperti kubah, krawangan, kolom, panel dinding, dan lainnya.

Kami sebagai produsen dari komposit ini, menerima pesanan dekoratif bangunan dengan bentuk dan tekstur custom. Contoh produk yang kami buat diantaranya seperti krawangan, lisplang, kolom, kubah, panel dinding, dan elemen dekoratif lainnya.

Untuk informasi dan pemesanan, bisa hubungi kontak kami di bawah ini atau bisa juga kunjungi Instagram kami. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp